Sebagai manusia yang membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup,
maka sudah wajar dan lumrah apabila mereka mencari dan memperoleh
penghasilan dari pekerjaan yang mereka lakukan. Ada orang yang bekerja
dengan saudara kandung sendiri, ada yang bekerja kepada orang lain dan
bahkan ada juga yang justru membuat lapangan kerja.
Jika kamu adalah orang yang saat ini mungkin masih belum bisa mendirikan
usaha sendiri dan lebih nyaman jika bekerja dengan orang lain, maka mau
tidak mau kamu harus mengikuti aturan yang ada dan berlaku untuk bisa
mendapatkan pekerjaan tersebut.
Jika kamu mempunyai teman, kenalan atau saudara yang bisa dimintai tolong untuk membantu mendapatkan pekerjaan pasti kamu akan tidak mengalami banyak kesulitan dan kendala yang berarti ketika kamu ingin bekerja di suatu tempat.
Namun jika kamu tidak mempunyai kenalan atau teman yang sekarang sedang bekerja di perusahaan idamanmu, maka hal yang harus kamu lakukan agar pihak perusahaan tahu bahwa kamu adalah orang yang saat ini ingin bekerja di perusahaan yang dimaksud kamu harus memberitahukannya lewat sebuah tulisan atau surat.
Secara umum, surat yang dibuat oleh seseorang yang membutuhkan pekerjaan untuk dikirim ke sebuah perusahaan atau pihak penyedia lapangan kerja biasa disebut dengan surat lamaran kerja. Sayangnya, orang yang ingin bekerja di perusahaan idamanmu itu ternyata bukan hanya kamu seorang, tapi berjumlah ratusan bahkan mungkin ribuan.
Dari situlah muncul yang namanya persaingan dunia kerja. Oleh karena itu, untuk bisa memenangkan persaingan itu hal yang pertama kali kamu perlu lakukan adalah dengan cara membuat SURAT LAMAN KERJA SEBAGUS DAN SEMENARIK MUNGKIN.
Jika kamu seseorang yang sudah mempunyai pengalaman mendaftar di berbagai perusahaan pasti kamu sudah tidak kesulitan lagi dalam membuat surat lamaran kerja ini. Namun bagi mereka yang baru lulus dari sekolah atau perguruan tinggi tentunya masih bingung dalam membuatt surat lamaran kerja yang baiik dan benar.
Inilah Kriteria Surat Lamaran Kerja yang Baik:
1. Surat lamaran kerja merupakan surat resmi dan bersifat formal.
Dikarenakan sifatnya yang resmi dan formal maka bahasa yang kamu pakai pada surat lamaran kerja pun harus menggunakan bahasa yang baik dan benar sesuai dengan ejaan yang disempurnakan.
2. Berikan tulisan terbaikmu pada surat lamaran kerja.
Dikarenakan sifatnya yang biasanya urgen dan mendesak, tentunya kamu harus bisa memastikan tulisan yang ada dalam surat lamaran kamu RAPI & BISA TERBACA.
Alangkah baiknya bila tulisan yang ada dalam surat tersebut merupakan tulisan tangan kamu sendiri meskipun kamu jago dalam menggunakan computer. Tulisan tangan yang rapid dan enak dilihat akan membuat pihak panitia rekrutmen terpesona. Hal itu tentunya akan memberimu kemungkinan yang semakin tinggi untuk dapat dipanggil untuk mengikuti proses rekrutmen selanjutnya.
3. Pastikan alamat dan nomor telephone yang kamu cantumkan dalam surat lamaran kamu benar.
Penulisan alamat dan nomor telephone yang salah bisa berakibat kamu gagal untuk dihubungi oleh panitia bila kamu lolos dalam seleksi awal.
Mungkin di era sekarang proses penyampaian informasi yang dilakukan oleh tim panitia seleksi tidak menggunakan surat menyurat. Karena itu, pastikan nomor telephone yang kamu cantumkan sudah benar dan tidak ada angka yang tertinggal. Lebih baik kamu pastikan berkali-kali dalam pengecekan proses ini daripada kesempatan kamu untuk bergabung di perusahaan impian kandas.
4. Lampirkan data-data pendukung lainnya.
Biasanya satu paket surat lamaran itu umumnya terdiri dari sebuah pasfoto, copy identitas, daftar riwayat hidup dan juga copy ijazah terakhir. Namun, persyarat document yang harus dilampirkan biasanya berbeda-beda. Disini kamu harus benar-benar cermat dan teliti dalam melihat informasi lowongan yang ada.
Setelah kamu mengetahui teori dasar tentang apa saja yang harus ada dalam surat lamaran kamu, kali ini saya akan memberikan contoh surat lamaran kerja secara langsung dibawah ini.
Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Umum:
dan dibawah ini adalah format manualnya,tinggal kalian rapikan saja di ms. word.
Jakarta, 9 Maret 2017
No. : ….......... Kepada
Lamp. : ……...… Yth. Bapak/Ibu HRD
Hal. : …….….. PT. Bangun Tirta
di Tempat
Dengan hormat,
Yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama : Widodo
Tempat, tanggal lahir : Sumedang, 16 Juni 1995
Agama : Islam
Pendidikan : S1 Teknik Kimia
Alamat domisili : Jl. Bojong nangka, Rt 04 Rw 11
Kel. Bojong kidul
Kec. Bojong Kenyot
Kota Depok, 14955
No. HP : 081 234 567 890
Dengan ini saya mengajukan lamaran kerja kepada Bapak/Ibu HRD PT. Bangun Tirta untuk dapat diterima menjadi karyawan di perusahaan yang Bapak/Ibu HRD pimpin. Sebagai bahan pertimbangan, dengan ini saya lampirkan pula :
1. Pas Foto 4x6 1 lembar
2. Fc. KTP
3. Fc. Ijazah terakhir
4. Daftar Riwayat Hidup
5. Sertifikat Praktek Industri
6. Sertifikat TOEFL
Demikian surat lamaran ini kami buat. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Widodo
Itu adalah contoh surat lamaran yang bisa kamu gunakan untuk melamar di berbagai perusahaan yang kamu inginkan. Akhir kata, saya doakan semoga para pembaca bisa segera diterima di perusahaan yang di impikan. Salam sukses!

EmoticonEmoticon